SAKSI BISU

#Originally posted at 5 March 2011

 

Semakin lama aku pandangi cangkir kesayangan yang kumiliki sejak penempatan tugas di kantor ini 9 tahun lalu, aku menemukan kenyataan hangat yang tak pernah kurasakan sebelumnya. Cangkirku menumpahkan semua yang mengganjal perasaaannya selama ini, mengutarakan kejujuran yang sebelumnya tak pernah kutahu. Dan sukses membuat aku menjadi kehilangan kata-kata, bisu.

“Tidakkah kau lelah melewati senja hanya denganku? Tidakkah kau ingin seperti teman kerjamu yang selepas jam kantor bergegas kembali ke rumah menemui sang buah hati? Tidakkah kau ingin mengecup bibir lain dalam hidupmu, bukan bibir cangkir seperti yang setiap hari kau lakukan padaku? Aku yang hanya melihatmu secara fisik saja merasakan lelah yang luar biasa, bagaimana tidak kau merasakan hal yang sama?”

Ulu hatiku seperti tertusuk dari belakang. Teganya cangkir yang kupercayakan menjadi bagian hidupku merasa bosan dengan hidup yang kujalani. Sedih. Marah.

“Apa pedulimu? Kau hanya cangkir yang kubeli di toko beberapa tahun lalu, hanya wadah yang membantuku minum. Berhentilah mengatur hidupku!”

Aku berusaha menyembunyikan perasaan sedihku mendengar pernyataan si cangkir. Ia memang hanya sebentuk benda yang ada di meja kerjaku, tetapi hadirnya membawa warna tersendiri dalam hari-hariku. Seperti yang kubilang di awal, cangkir itu teman setiaku.

“Di satu sudut di ruangan ini, aku menemani harimu yang terbiasa bertempur dengan pekerjaan. Aku menemanimu yang cemburu kala teman kantormu menelepon anak atau pasangannya. Aku yang menemanimu berkhayal akan sosok pendamping yang kau idolakan, seperti atasanmu sendiri. Aku merekam semua itu dengan pasti di hati, hingga nanti.

Ini adalah petikan naskah proyek menulis CurhatCintaColongan dari nulisbuku. Mau lihat full version ceritaku? Buruan pre-order ke nulisbuku.com, temukan banyak cerita menarik disana. FYI, cerpenku fiksi semata looh. Selamat menikmati yaa. Ini dia cover bukunya.

IDR, 45.000

Leave a Reply

